L‍Lingkungan Hijau
Jumat, 03 Oktober 2014

Pesona Wisata Kota Gresik

Pesona Wisata Kota Gresik



Halo sobat blogger ..

Kali ini saya akan berbagi info tentang Pesona wisata Kota Gresik , banyak wisata yang ada di kota gresik , tak terkecuali pantai dan danau danau yang eksotis di kota ini , dan beberapa yang sudah di kenal oleh banyak warga lokal , luar maupun turis mancanegara.
Diantara banyak wisata yang ada di gresik , wisata yang paling sering di kunjungi adalah sebagai berikut :

1. PANTAI DELEGAN 




Bagi warga Surabaya yang senang dengan wisata pantai, kiranya pantai yang satu ini dapat menjadi pilihan.
WISID (Wisata Segoro Indah Delegan) adalah wisata pantai yang ada di kabupaten Gresik. Tepatnya berada di desa Delegan kecamatan Panceng.
Dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km. Setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.
Pantai Delegan juga bisa menjadi alternatif dari perjalanan wisata, seperti mereka yang melakukan wisata religi wali songo ataupun yang berwisata ke WBL (Wisata Bahari Lamongan). Sebab letaknya berada dijalur lalu lintas wisata tersebut.
Pantai yang lebih terkenal dengan nama pantai Delegan ini dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Menurut Muzaradin, Kepala Desa Delegan , bahwa sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa. “Hasil dari pengelolaan tempat wisata ini digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa Delegan, seperti ada penggajian sampai di tingkat RT dan program bedah rumah bagi keluarga tidak mampu”, tutur Muzaradin.
Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.  Pengunjung yang datang selama ini rata-rata 300 orang/hari, sedangkan di hari libur sampai di atas 500 orang.
Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan.
Untuk bisa menikmati panorama pantai Delegan, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp.8000

2. TELAGA NGIPIK





Hampir semua masyarakat Gresik mengenal makam Sunan Giri yang berada di Kecamatan Kebomas atau Makam Sunan Syech Maulana Malik Ibrahim di kawasan alun-alun kota. Bahkan, masyarakat dari daerah lain sudah sangat mengenal kedua tempat bersejarah tersebut, terutama umat Muslim yang pernah ikut perjalanan wisata Walisongo.

Pemerintah Kabupaten Gresik pun menjadikan kedua tempat tersebut sebagai sumber pemasukan daerah dari sektor pariwisata. Sementara tempat wisata yang potensial, seperti wisata Telaga Ngipik yang berada di tengah-tengah kawasan Industri PT Petrokimia Gresik, terabaikan pengelolaannya.

Padahal, hampir setiap hari Sabtu dan Minggu cukup banyak masyarakat Gresik yang menyempatkan berekreasi di tempat tersebut. Seperti yang terlihat pada hari Minggu (1/6) kemarin, puluhan pengunjung menikmati suasana telaga, yang dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang. Di tempat ini pula kejua- raan Ski Air tingkat nasional sering diselenggarakan, seperti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX beberapa waktu lalu.

Namun ironisnya, masih banyak masyarakat Gresik yang belum mengetahui keberadaan Telaga Ngipik. Selain karena masih banyak yang lebih suka memilih wisata religi, lemahnya promosi wisata Telaga Ngipik yang dilakukan pihak Pemkab merupakan salah satu faktor “terlupakannya” tempat wisata ini.
Letaknya yang ada di tengah jantung Kota Gresik itu membuat tempat wisata Telaga Ngipik cukup mudah dijangkau oleh masyarakat yang hendak berekreasi di tempat tersebut. Lokasinya tepat di sekitar kawasan pabrik pupuk PT Petrokimia Gresik di Kecamatan Kebomas atau sekitar satu kilometer dari alun-alun Gresik di Jalan Wahid Hasyim.

Untuk sampai di kawasan wisata tersebut dari Surabaya bisa ditempuh selama 30 menit di ruas jalan raya Surabaya-Lamongan. Dari pertigaan tugu PT Petrokimia Gresik, masuk ke arah kanan dan menyusuri jalan lurus sekitar 200 meter. Pintu gerbang Telaga Ngipik akan terlihat di sisi kiri jalan. Wisata Telaga Ngipik dapat menjadi wisata alternatif yang menyenangkan. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 1.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan telaga sepuasnya.
Setidaknya, kenikmatan tersebut hampir serupa dengan apa yang bisa pengunjung nikmati ketika berada di telaga waduk Selorejo atau Telaga Sarangan di Magetan. Di areal telaga yang memiliki areal sekitar 100 hektar itu, selain sudah terdapat tempat bermain untuk anak-anak, beberapa stan penjual makanan dan suvenir juga tersedia.

Bagi  yang sudah berkeluarga, keceriaan anak-anak merupakan tujuan berwisata. Seperti yang diungkapkan Wagiman, warga Desa Sidorukun, Gresik, “Apalagi di sini sudah tersedia arena permainan anak-anak. Jadi, selain saya dapat istirahat di pinggir telaga, anak-anak bisa bermain sendiri di tempat permainan”, ujar Wagiman.
Selain permainan anak, di kawasan wisata ini juga disiapkan dua perahu motor yang setiap saat dapat digunakan untuk mengelilingi telaga. Ada 20 tempat duduk dalam kapal motor sepanjang 12 meter itu. Dengan hanya membayar Rp 2.500 setiap penumpangnya dapat menikmati keindahan telaga dengan perahu motor.

3. PULAU BAWEAN


Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Gresik dan terletak di sebelah utara wilayah Kota Gresik. Pulau Bawean berjarak 80 mil atau 120 km dari kota Gresik dan membutuhkan waktu 3 jam bila ditempuh dengan menggunakan kapal cepat atau 8 jam bila ditempuh menggunakan kapal biasa.
Secara geografis kepulauan Bawean terletak antara 112 45’ Bujur Timur dan 5 45’Lintang Selatan. Luas wilayah sebesar 196,27 Km. kepulauan Bawean terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Kecamatan Sankapura mempunyai luas 118.72 Km, dengan jumlah Desa 17, yaitu Desa Sawah Mulya, Desa Sengai teluk, Desa Patar Selamat, Desa Batu, Desa Bulu Lanjang, desa Lebak, Desa Pudakit Barat, Desa Pudakit Timur, Desa Kumalasa, Desa Suwari, Desa Dekat Agung, Desa Kota Kesuma, Desa Kebun Teluk Dalam, dan Desa Daun.

Sedangkan Kecamatan Tambak mempunyai luas 77.55 Km, dengan jumlah Desa 13, yaitu Desa Tambak, Desa Diponggo, Desa Kepuh Legundi, Desa Kepuh Teluk, Desa Pekalongan, Desa Klompang Gubuk, Desa Paromaan, Desa Gelam, Desa Teluk Jati, Desa Sokaoneng, Desa Sekalela, Desa Gerejeg, dan Desa Tanjung Ori.

Secara keseluruhan Pulau Bawean mempunyai panorawa wisata dengan ragam flora dan fauna aneka jenis dan warna serta pesona taman lautnya menghiasa pemandangan pulau ini.

Indah bukan wisata alam yang ada di kota gresik ini ...
Jika anda belum pernah mengunjungi wisata wisata tersebut , sesekali coba pergi ke tempat tersebut dan rasakan bedanya ..


Sekian info Pesona Wisata Kota Gresik yang bisa saya berikan ...

Terimakasih dan semoga bermanfaat ...